Sabtu, 15 Maret 2014

Model Data Relational

Model data relasional merupakan model yang merepresentasikan data dalam basis data sebagai kumpulan tabel – tabel dimana setiap tabel dinyatakan dengan nama yang unik. Model data relational pertama kali diperkenalkan oleh E.F.Codd pada tahun 1970. Objektivitas dari model relational ini adalah konsep kemandirian data. Relasi yang normal tanpa adanya kelompok pengulangan serta perluasan dari bahasa manipulasi data yang berorientasi pada himpunan data.

Pada model relational, basis data akan disebar (dipilah – pilah) kedalam berbagai tabel 2 dimensi. Setiap tabel terdiri atas lajur mendatar yang disebut dengan Baris Data (Row/Record) dan lajur vertikal yang biasa disebut dengan Kolom (Column/field). Di setiap pertemuan Baris Data dan Kolom itulah, item – item data (satuan data terkecil) ditempatkan. Dalam kehidupan kita sehari – hari, Tabel merupakan bentuk natural (alamiah) dalam menyatakan fakta/data yang sering kita gunakan.

Sumber:
  •   Fathansyah, Buku Teks Komputer: Basis Data, Informatika Bandung, 2007
  •  Bertalya; Hurnaningsih; Rachmawati, Irma; Ade, Kemal; Mustikasari, Metty; Karyanti, Yuli; Sistem Basis Data 1, Universitas Gunadarma, 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar